Dalam memilih bahan kain kaos ada beberapa hal yang perlu diketahui yaitu jenis bahan kain kaos Distro  yang ada dipasaran. Beberapa bahan memiliki keunggulan dan kelemahan. 


1. Bahan Kaos Hyget
Bahan hyget terbuat dari plastik dan bahan ini cenderung tipis. Harga bahan hyget pun relatif murah dan terjangkau. Umumnya jenis bahan kaos Distro ini sering dipakai untuk membuat seragam promosi maupun seragam partai politik untuk keperluan kampanye.

2. Bahan Kaos PE atau Polyester
Bahan jenis PE tidak menyerap keringat, itulah sebabnya mengapa kaos Distro berbahan dasar PE lebih terasa panas di kulis saat dipakai. Bahan polyester terbuat dari serat sintetis atau hasil minyak bumi.

3. Bahan Kaos TC (teteron cotton)
Bahan TC ialah jenis bahan kaos yang dibuat dari campuran cotton combed 35% dan polyster 65%, bahan kaos jenis TC masih memiliki daya serap namun tidak terlalu tinggi. Bahan TC juga agak panas dibadan. Meski seperti itu kain TC memiliki satu keunngulan yaitu tidak mudah melar susut (shrinkage). Harga bahan teteron cotton juga tidak terlalu mahal.

4. Bahan Kaos CVC (cotton viscose)
Bahan CVC berasal dari campuran antara cotton combed 55% dan viscose 45%. Bahan kaos Distro ini juga tidak gampang menyusust meskipun sering dicuci dan memiliki daya serap yang cukup baik.

5. Bahan Kaos Cotton Carded 100 persen
Bahan cotton carded terasa nyaman dipakai karena bahan dasar kain cotton carded adalah serat kapas alami. Kain cotton carded juga tersedia dalam beberapa macam berdasarkan kualitasnya, umumnya sering disebut cotton carded 20s, 242, 30s dan seterusnya. Jenis bahan cotton carded biasanya dipilih untuk membuat kaos dengan target pasar kelas menengah kebawah karena harga cotton carded tidak terlalu mahal meskipun tergolong jenis kain yang berkualitas tinggi. Kekurangan dari bahan cotton carded ialah memiliki serat yang kurang halus dan rajutan yang kurang rata.

6. Bahan Kaos Cotton Combed 100 persen
Ini dia kain dengan kualitas super yang harganya pun lebih tinggi dibanding cotton carded dan kain lainnya. Bahan cotton combed lebih rata dan lebih halus, jadi bahan cotton combed adalah bahan kaos terbaik dan paling bagus. Bahan kaos cotton combed juga sama seperti cotton carded yang memiliki macam-macam tipe dengan kode 20s, 24s, 30s dan seterusnya. Besarnya angka pada kode-kode tipe tersebut merupakan indikator untuk tingkat kualitasnya, semakin besar angkanya maka semakin bagus kualitasnya, dan harga pun semakin melambung. Bahan kaos cotton combed memiliki karakteristik yang hampir sempurna yaitu nyaman dipakai, tidak panas, daya serap tinggi dan tidak mudah luntur.


setiap bahan kain kaos distro memiliki tektur, kekuatan, kelebihan, kekurangan, dan harga yang berbeda-beda oleh sebab itu pemilihan disesuaikan dengan tujuan pembuatan. Jika dirasa artikel ini menarik dan bermanfaat menambah informasi mengenai cara memilih bahan kain kaos silahkan bagikan artikel ini.
Axact

KAOS DAKWAH

KAOS DAKWAH adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Dakwah sampai bagaimana cara menjual Kaos Dakwah Online maupun offline, Silakan cari artikel di blog ini..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini.

Post A Comment:

0 comments: